Usaha Untuk Yang Suka Fashion Di Generasi Millenial

Usaha fashion saat ini berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, ada ribuan macam produk fashion baru yang bermunculan di pasaran. Tentunya bagi kita para pelaku usaha atau pebisnis, kita harus bisa membaca situasi ini dan memanfaatkannya untuk meraih peruntungan. Tapi sering kali kita kebingungan untuk memulainya, walaupun kita sudah memiliki usaha lain yang sudah berhasil. Atau juga bagi pelaku bisnis yang baru ingin berkecimpung di dunia bisnis.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai peluang usaha di bidang fashion yang bisa Anda coba di generasi millenial ini:

1.Fashion Blogger

Fashion blogger telah menjadi profesi usaha fashion yang keren, terutama bagi kalangan anak-anak muda. Kolaborasi antara passion, fashion, dan blog, ternyata dapat memberikan keberuntungan bagi para fashion blogger. Banyak tawaran menjadi endorser dari online shop dan brand terkenal. Jika Anda suka membaca majalah fashion dan menemukan ide kreatif dari majalah tersebut, Anda bisa menuliskannya pada blog pribadi.

2. Visual Presentation/Styling

Pekerjaan ini biasanya berhubungan langsung dengan para model dan artis yang didandani. Jika Anda memiliki selera fashion dan komunikasi yang bagus, usaha fashion ini dapat Anda pilih. Selain itu, pekerjaan ini memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan kerja.

3. Trend analyst

Trend analyst adalah mengamati tren fashion dari dahulu hingga sekarang. Usaha fashion ini murni tentang membaca keinginan konsumen. Baik bagi Anda yang ingin jadi pembuat fashion, menjadi distributor, maupun pemilik butik, semuanya harus pandai membaca keinginan pasar. Peluang usaha ini khusus untuk Anda yang suka bekerja keras dan pantang menyerah untuk sukses.

4. Fashion business

Membangun dan mengembangkan industri fashion tidak hanya bergantung pada seorang fashion designer saja, akan tetapi diperlukan juga seseorang yang mengerti seluk beluk atau segala sesuatu yang berhubungan dengan trend dan proses-proses yang berjalan di dalam usaha fashion ini. Kemudian mengaplikasikan berbagai aspek dan ilmu bisnis ke dalam industry fashion untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk fashion supaya memiliki daya jual dan tentunya, menghasilkan keuntungan.

5. Manajemen Produksi

Manajer produksi bertanggung jawab untuk mendapatkan bahan-bahan pakaian yang dibuat di tingkatan pabrik. Mereka yang bekerja di bidang ini akan bekerjasama dengan para pemasok dan pengecer untuk memastikan kualitas produksi.

6. Lead Patternmaker

Semua desain pasti dibuatkan pattern atau pola biar bisa diproduksi lagi. Itulah tugas lead patternmaker. Pekerjaan usaha fashion ini membutuhkan koordinasi intens dengan desainer untuk menentukan desain template ukuran lain. Dengan begitu, desain bisa diproduksi secara massal.

7. Product Researcher

Waktu sebuah produk fashion didesain, pihak perusahaan pasti ingin produk itu sesuai keinginan konsumer. Nah, itulah tugas product researcher. Yaitu, menyurvei konsumer yang potensial dan memprediksi reaksi mereka terhadap style dan harga yang berbeda.

Nah itu dia beberapa profesi di industri fashion yang mungkin baru kamu dengar namanya. Bisnis fashion sangatlah menguntungkan tapi juga sangat kompetitif. Tapi tidak berarti pendatang baru tidak bisa menembus industri ini. Dengan kreativitas dan kerja keras, Anda bisa sukses di bisnis fashion walaupun banyaknya kompetitor yang ada. Jadi, dunia fashion itu nggak melulu seputar model yang berjalan di catwalk ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *