Mengenal WordPress dan Segala Kelebihannya

Pengertian WordPress

WordPress merupakan salah satu jenis CMS (Content Management System) Secara sederhana WordPress adalah suatu platform yang digunakan untuk membuat website. WordPress sendiri sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Mengapa WordPress Begitu Sangat Populer ?

WordPress menjadi pilihan bagi para pembuat website karena sangat mudah digunakan bahakan bagi pemula sekalipun. Selain itu WordPress dapat diakses secara gratis. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki website dengan dana terbatas, WordPress patut menjadi pilihan. Tidak perlu khawatir website Anda diserang hacker, meskipun grastis WordPress aman digunakan selama tidak menambahkan plugin atau theme dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu fitur-fitur yang disediakan juga lengkap dan selalu up to date.

Apa Yang Perlu Disiapkan ?

Sebelum membuat website yang Anda perlukan adalah Domain dan Hosting. Domain sendiri adalah nama atau alamat website Anda. Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan konten website Anda. Untuk mendapatkan Domain dan Hosting Anda bisa mendapatkannya pada penyedia layanan Domain dan Hosting yang banyak tersedia di internet, Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan Anda. Namun kali ini kami akan membagikan tutorial cara berlangganan Domain dan Hosting menggunakan Domainesia, berikut langkah-langkahnya :

1. Ketikan alamat https://domainesia.com pada Address bar pada browser Anda.

2. Pada form pencarian tuliskan nama Domain yang ingin Anda gunakan. Selanjutnya klik Cari, akan muncul beberapa pilihan .COM, .XYZ, NET, dll. Anda bisa memilih yang Anda inginkan, sebaiknya bila Anda merasa masih bingung menentukan nama Domain, Anda bisa membaca panduan yang disediakan oleh Domainesia. Yang perlu diingat ketika Anda mendaftarkan nama Domain untuk website Anda nanti sebaiknya menggunakan nama Domain yang mudah diingat dan berkaitan dengan konten website Anda Nanti.

3. Selanjutnya klik Pesan Paket Hemat

4. Anda akan masuk di halaman baru, pilih kapasitas Hosting yang Anda butuhkan dan lengkapi semua data yang dibutuhkan. Jangan lupa checklist pada bagian Aplikasi Web untuk instal WordPress secara otomatis dan isikan username beserta password.

5. Kemudian klik Masukkan Trolli.

6. Apabila Anda belum memiliki akun dari Domainesia, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu. Silahkan klik Daftar Akun Baru.

7. Tunggu beberapa saat sampai invoice Anda muncul, kemudian silahkan melakukan pembayaran melalui salah satu metode. Setelah itu Anda dapat melakukkan konfigurasi pembayaran.

Cara Instal WordPress

Tahap selanjutnya setelah transaksi Domain dan Hosting Anda berhasil, Anda bisa menginstal WordPress, berikut tahapannya :

1. Login cPanel Hosting
Masuk ke dalam cPanel Anda melalui https://namadomain.com/cpanel kemudian login mengguankan email yang telah dikirim Domainesia.

2. Softaculous Apps Installer
Anda akan masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan Softaculous lalu pilih Softaculous Apps Installer.

3. Memilih WordPress
Anda akan diarahkan menuju dashboard Softaculous. Selanjutnya pilih WordPress.

Anda akan masuk ke halaman WordPress. Pilih Instal Now untuk melakukan proses instalasi.

4). Mengisi Konfigurasi WordPress

  • Silahkan pilih Choose Protocol pada area Softaware Setup. Apabila menginginkan website Anda menggunakan SSL maka isi dengan https://. Apabila tidak, biarkan default http://. Kemudian isikan Domain yang sudah Anda daftarkan tadi ke kolom Choose Domain. Kosongkan pada bagian In Directory agar website WordPress ter-install di dalam Domain utamanya langsung.
  • Pada area Site Setting, silahkan ketikan nama website pada Site Name. Dan silahkan ketikkan tagline pada Site Description.

  • Masukkan username dan password dari WordPress. Anda perlu mengingat username dan password yang Anda masukkan, karena ini nantinya digunakan pada saat login di wp-admin atau di wp-login.

  • Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Apabila Anda ingin menambahkan plugin Loginizer Anda dapat memberikan tanda centang pada Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user WordPress. Sehingga website Anda akan lebih aman.

  • Selanjutnya, klik tanda + pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi database WordPress. Silahkan ketikan nama database yang sesuai Anda inginkan. Anda juga dapat mengatur notifikasi update, auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Apabila telah selesai, klik Install.

  • Tunggu sampai proses instal selesai.

5. Instalasi WordPress Selesai
Setelah instal WordPress selesai, maka akan muncul informasi mengenai Domain yang Anda gunakan tadi. Untuk mengakses website Anda cukup mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Untuk mengakses dashboard admin, Anda cukup menambahkan /wp-admin. Contoh : https://namadomain.com/wp-admin

Sekarang Anda bisa mulai membuat website Anda sendiri. Bila Anda bingung bagaimana cara membuat konten pada website, Anda bisa membaca pada artikel selanjutnya.

Leave a Comment!